Harta Gayus Tambunan Mencapai Rp104 Miliar dan akan Terus Bertambah

Gila! Harta Gayus Tambunan (si makelar kasus pajak) ternyata bukan hanya Rp28 miliar, tapi mencapai Rp104 miliar bahkan sangat mungkin akan terus bertambah sejalan dengan upaya kepolisian mencari tempat penyimpanan hartanya baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Polisi kemudian menemukan lagi hartanya disimpan pada 9 safe deposit box di sejumlah bank nasional. Polisi juga berusaha untuk memburu hartanya sampai ke bank luar negeri.
Setelah Polri menemukan uang haram Rp28 miliar milik mantan pegawai negeri sipil di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan golongan IIIA itu dengan masa kerja 5 tahun itu, polisi kini menyita Rp74 miliar bersama 31 batangan emas dalam safety deposit box (kotak penyimpan) di Bank Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Temuan ini terjadi Senin, 13 Juni 2010.
Sembilan safety box itu ditemukan di tiga bank berbeda. Enam dari sembilan safety box disimpan di satu bank, 2 buah di satu bank lain, dan 1 safety box lagi di bank lain lagi. Enam safety box di satu bank, empat di antaranya sudah diambil Gayus sebelum diblokir Polri, dua safety box lagi kosong. Dua boks di bank lain, satu safety box tak berisi apa-apa, satu lagi berisi harta Rp 74 miliar. Sementara satu safety bosx di bank berbeda juga kosong.
Dari temuan pertama, Polri menemukan simpanan Rp28 miliar dan rumah mewah senilai Rp3,5 miliar di kawasan Taman Puspa III, Blok ZE Nomor 1, Gading Park View.
Kini pihak Polri masih menyelidiki dari mana Gayus memperoleh uang. Kasus tersebut, tidak ditangani tim khusus penanganan mafia hukum Polri, tetapi oleh tim penyidik dari Direktorat III Badan Reserse Kriminal Polri.
Untuk masalah simpanan Rp74 miliar itu, Gayus belum kooperatif dalam pemeriksaan polisi. Dia lebih banyak bilang lupa ketika ditanya polisi. Namun, pastinya, uang sebesar itu tidak dilakukan dengan transfer rekening, melainkan pembayaran tunai oleh penyuap.

Newer Post Older Post

Leave a Reply

My Blog List