Menulis dan Jual Karya Tulis Secara Online

      Ada banyak situs yang memberikan peluang meraih dolar dengan model dan cara yang berbeda. Salah satu yang terkemuka adalah Docstoc.com. Situs ini adalah komunitas online yang memiliki aktivitas mirip toko buku online dengan menjual dan membeli dokumen profesional. Serupa tapi tak sama dengan Shvoong. Kalau Shvoong menjadi pusat ringkasan tulisan, maka di Docstoc adalah pusat data dan dokumen akademis atau karya ilmiah dan dokumen profesional lainnya.
      Dengan demikian, Docstoc adalah situs tempat berkumpulnya para penulis profesional dan penerbit buku. Sebab, dokumen yang diunggah (upload) adalah dokumen utuh, baik makalah, buku, dokumen proyek, hasil riset, dan lain-lain. Situs ini sangat penting bagi para akademisi, mahasiswa, siswa, pelaku bisnis, wartawan dan profesional lainnya.
      Jika Anda adalah seorang profesional yang banyak memberikan materi atau makalah pada pertemuan-pertemuan pendidikan maupun bisnis dan profesi, situs itu sangat penting dan perlu diikuti karena dokumen berupa makalah, presentasi dsb dapt dijual lewat situs ini. Atau mungkin Anda seorang dosen, karya ilmiah yang pernah Anda susun dapat diunggah di sini. Atau barangkali Anda seorang kolumnis, wartawan, atau apapun yang suka menyusun karya tulis, situs ini sangat penting untuk diikuti.
      Untuk menjual karya tulis di Docstoc ada dua cara. Pertama, Anda unggah karya tulis agar pengguna dapat membaca atau mengunduhnya. Dari hasil unggahan itu, akan terpublikasi dan dipasangi iklan Google. Ketika pengunjung mengklik iklan, maka pemilik karya tulis akan dibayar 50% dari biaya per klik iklan. Kedua, penulis mengunggah karya tulis untuk dijual. Artiny, pengunjung tidak bisa mengunduh tulisa itu jika tidak membeli. Ibarat mencetak buku dan dijual ke pasaran, alias tidak gratis. Untuk pilihan kedua ini, ketika pertama mengunggah (upload) karya tulis, penulis digartis dari biaya selama 60 hari pertama sejak diunggah. Setelah lewat 60 hari, setiap penulis akan dikenakan fee sebear 50% dari nilai jual karya tulis. Artinya ada sistem bagi hasil 50:50 (fifty-fifty) dengan pihak Docstoc. Suatu peluang besar bagi para profesional yang sulit untuk menerbitkan karya tulis atau buku secara offline.
     Docstoc juga menyediakan teknologi API dan Widget untuk membantu mempromosi dokumen penulis di web . Situs ini telah dipopulerkan penggunaan embedding dokumen di seluruh blogosphere dan media mainstream .
      Docstoc , Inc didirikan oleh Jason Nazar dan Shwartz Alon. Perusahaan ini terpilih pada September 2007 menjadi debut produk di Konferensi TechCrunch40. Produk kemudian diluncurkan untuk publik pada bulan November 2007 .
     Anda dapat menjual berbagai dokumen di Docstoc seperti e-book, panduan dan tutorial, makalah akademik, editorial, kontrak hukum, perjanjian, dokumen bisnis, makalah penelitian, excel spreadsheet, kuis dan tes, model keuangan, diagram, dan sebagainya. Jenis file yang didukung meliputi format .doc , .xls, .ppt, .pdf, .rtf, .txt, .docx, .xlsx, dan .ppts .
       Satu hal yang harus diingat adalah, Anda hanya boleh menjual dokumen asli karya Anda sendiri atau karya orang lain tapi Anda memiliki hak untuk menjualnya. Anda tidak diizinkan untuk mengunggah atau menjual spam , konten dewasa , iklan apapun dan dokumen memiliki hak cipta dokumen dan Anda tidak memiliki hak atau izin menjual.
       Sebagai konsekuensi dari klik iklan pada halaman tulisan maupun penjualan karya tulis, penulis akan dibayar setiap 30 hari dan pada hari terakhir bulan berjalan, jika saldo Anda pada hari terakhir bulan berjalan telah mencapai $100. Jika saldo tidak mencapai $100 akan terbawa ke bulan berikutnya. Sama dengan pola pembayaran pada Shvoong. Sedangkan cara pembayarannya dapat dipilih melalui cek atau PayPal .
Untuk lebih jelas, Anda bisa masuk ke www.docstoc.com




Newer Post Older Post

One Response to “Menulis dan Jual Karya Tulis Secara Online”

  1. Saya seorang yg paling senang mengarang puisi,syair,dan berbagai jenis pantun,bagaimana saya hendak mempublikasikannya atau menjualnya?

    ReplyDelete

My Blog List