Tips dan Trik Menghadapi Masa Pensiun

Bagi seorang karyawan, bekerja memiliki batas waktu. Bai itu karen di-PHK atau karena harus pensiun. Ketika menghadapi masa pensiun. Pasti akan terbayang dalam pikiran Anda, bahwa penghasilan Anda akan menurun drastis karena akan kehilangan tunjangan dan hanya akan menerima penghasilan sekitar 75-80% dari gaji pokok. Nilai tersebut, dipekirakan cukup untuk mempertahankan hidup Anda (dan bersama pasangan Anda atau mungkin juga dengan anak-anak Anda).

Memang, hampir setiap situs dan ahli pensiun menunggambarkan, bahwa Anda membutuhkan sekitar 80 persen dari penghasilan Anda saat ini untuk mempertahankan standar hidup Anda di masa pensiun. Nah, apakah Anda sudah dekat dengan masa pensiun atau baru mulai berpikir tentang apa yang terjadi ketika Anda berhenti bekerja? Jika ya, ikuti langkah-langkah sederhana untuk hidup nyaman dengan segala kekurangan.

  1. Jajaki aliran dana Anda. Anda akan memiliki waktu yang sulit dalam menghabiskan kekurangan Anda, jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan untuk menghabiskan yang kurang pada masa awal. Pilihlah metode untuk mencatat kas masuk dan keluar dan membiasakan diri untuk menggunakannya. Metode penjajakan tidak harus mewah - hanya pastikan metode yang Anda pilih adalah sesuatu yang Anda akan gunakan secara konsisten, apakah itu pena dan kertas atau aplikasi smartphone.
  2. Menyusun anggaran. Setelah Anda menjajaki aliran kas Anda selama satu bulan dan sebelum Anda memasuki masa transisi ke pensiun, putuskan berapa banyak uang yang Anda miliki untuk dibelanjakan, dan bagaimana Anda hendak menghabiskannya. Ini sangat membantu untuk mencatat rencana Anda - perjalanan, rumah pensiun di pantai atau bahkan pensiun dengan tenang - sehingga Anda ingat mengapa Anda berhati-hati dengan uang Anda.
  3. Jangan membawa pulang uang. Jika Anda masih bekerja, aturlah untuk memiliki tabungan yang secara otomatis dipotong dari gaji Anda dan disimpan ke dalam rekening tabungan Anda. Jika Anda pensiun, simpanlah sebagian besar uang Anda dalam kegiatan investasi dan rekening tabungan dan aturlah transfer tunai bulanan secara otomatis ke rekening pengeluaran utama Anda. Buatlah sesulit mungkin untuk menghabiskan tabungan Anda, sehingga Anda berpikir dua kali sebelum pergi Anda pergi berbelanja.
  4. Analisislah belanjaan Anda. Pastikan Anda memahami perbedaan antara apa yang Anda butuhkan untuk hidup dan apa yang Anda inginkan. Anda pasti bisa memiliki hal-hal yang Anda inginkan, tetapi pertimbangkanlah biaya berapapun untuk tujuan Anda dan pastikan Anda melakukan pembelian yang sesuai ke dalam rencana jangka panjang Anda dan benar-benar untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.
  5. Investasikan tabungan Anda. Tabungan Anda harus bekerja atas nama Anda, baik sebelum maupun setelah pensiun, bahkan jika itu hanya mendapatkan bunga dari rekening tabungan. Kembangkan rencana investasi - situs seperti Morningstar.com, SmartMoney.com, dan Motley Fool menawarkan alat strategi investasi yang baik untuk do-it-yourselfers, atau Anda dapat menjadwalkan sesi dengan seorang perencana keuangan. Apapun metode Anda, pastikan Anda meninjau secara teratur, setidaknya setiap tahun.
Semoga bermanfaat untuk hari tua Anda.

Newer Post Older Post

Leave a Reply

My Blog List